• Ide Kreatif Media Seni Lukis dari Batu Kali

    Biasanya kalau Bapak dan Ibu Guru yang mengajar pelajaran seni budaya pernah dalam pembelajarannya meminta anak-anak melukis menggunakan cat. Media lukisan yang umum digunakan adalah kertas atau kanvas. Nah bagaimana kalau sesekali menggunakan bahan lain sehingga hasilnya juga akan tampak berbeda dan unik. Cobalah misalnya menggunakan media dari batu kali. Lihatlah foto berikut. Beberapa buah batu kali berbentuk lonjong dan sedikit datar digunakan untuk media seni lukis. Bagus bukan hasilnya.

    berikut ini cara melukis di atas permukaan batu kali yang dapat anda ajarkan kepada siswa saat mata pelajaran seni di sekolah
    melukis di atas permukaan batu kali

    Cara Mempersiapkan Batu Kali Hingga Menjadi Media Seni Lukis
    Berikut ini langkah-langkah yang dapat digunakan oleh guru seni untuk mempersiapkan siswa menggunakan batu kali sebagai media seni lukis.
    1. Ajak siswa pergi ke suatu tempat yang banyak terdapat batu, dan tentu saja bebas untuk diambil. Misalnya sungai. Mengajak anak-anak langsung ke lapangan atau sungai yang ada di sekitar sekolah akan sangat menyenangkan bagi mereka. Tetapi tentunya ide ini sifatnya hanya pilihan. Bila bapak dan ibu guru lebih senang waktu mereka dihabiskan di kelas, tentunya penugasan untuk membawa sendiri batu kali ke kelas juga tidaklah ada salahnya. Mengajak anak langsung ke lokasi mempunyai beberapa kelebihan, misalnya siswa juga akan lebih dekat dengan lingkungannya dan barangkali guru juga dapat mengkaitkan pelajaran seni lukisnya dengan bidang lain seperti IPA, misalnya dengan menceritakan bagaimana  proses terbentuknya batu kali sehingga bentuknya menjadi cenderung bulang dengan permukaan yang halus. Atau, guru juga dapat menjelaskan tentang pemanfaatan batu secara ekonomi, misal untuk bahan bangunan dan bahan dekorasi.
    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar