• Prinsip-Prinsip dalam Teori E-Learning

    Saat ini tak bisa dipungkiri bahwa e-learning semakin dibutuhkan dalam pembelajaran. Di Indonesia e-learning semakin berkembang dan bertambah maju mengikuti apa yang terjadi di dunia global. Walaupun masih sedikit populasi yang tersentuh e-learning saat ini, akan tetapi ada kepastian akan kecendrungan untuk peningkatan ke arah pembelajaran melalui e-learning dan bergeser dari pembelajaran tradisional.

    Apakah Teori e-Learning itu?

    E-learning teori adalah prinsip-prinsip ilmiah akan pembelajaran melalui e-learning yang mencoba menjelaskan bahwa pemanfaat teknologi elektronik di bidang pendidikan dapat mendorong efektivitas pembelajaran. Teknologi elektronik di bidang pendidikan yang dimaksud di sini tentu saja bentuk-bentuk media digital, multimedia, dan pembelajaran secara online.

    bagaimana e-learning yang efektif? Perhatikanlah prinsip-prinsip berikut dalam menerapkan e-learning untuk keberhasilannya di kelas bapak dan ibu guru
    prinsip-prinsip e-leaning

    Beberapa Prinsip Penting dalam Teori e-Learning

    Berikut ini beberapa prinsip penting yang dianut dalam teori e-learning, yaitu:

    Prinsip Multimedia

    Dalam teori e-learning dianut prinsip bahwa pembelajaran yang melibatkan kombinasi beragam media seperti audio, visual,  dan teks akan memberikan kesempatan untuk siswa belajar secara lebih baik dan lebih mendalam dibanding media yang hanya mengakomodasi salah satunya saja.

    Prinsip Modalitas

    Pembelajaran akan lebih efektif ketika suatu visual dikombinasikan dengan narasi audio dibanding penjelasan melalui teks pada layar. Akan tetapi terdapat pengecualian ketika pembelajar telah mengetahui atau mengenal tentang konten yang sedang disajikan, atau narasi diberikan dalam bahasa asing, atau ketika pembelajar mengulang-ulang bahan pembelajaran multimedia tersebut.

    Teruskan Membaca »
  • 0 komentar:

    Posting Komentar